Model Pintu Garasi Besi Murah Terbaik & Terbaru

Posted on

Pada tipe-tipe rumah bergaya minimalis, salah satu aspek yang sering dipertimbangkan berupa luas dan ukuran elemen dalam rumah. Tentu saja, hal ini berkaitan dengan prinsip gaya minimalis itu sendiri, yaitu ‘hemat tempat’ sehingga pemilik rumah harus benar-benar menyiasati hal tersebut agar tidak memakan tempat. Salah satu elemen rumah yang penting untuk dipertimbangkan adalah garasi yang digunakan sebagai tempat menyimpan kendaraan—serta dijadikan gudang sementara. Oleh sebab itu, agar garasi menjadi salah satu elemen rumah yang ‘tepat’ dan ‘pas’, terdapat aspek-aspek yang perlu disiasati. Misalnya berupa ukuran garasi yang disesuaikan dengan kendaraan, maupun model pintu garasi yang digunakan. Untuk tipe rumah bergaya minimalis, terdapat beberapa pilihan model pintu garasi, berupa model pintu garasi besi, model pintu garasi bergaya lipat, model pintu garasi bergaya Jepang, dan lainnya yang akan dikupas pada artikel kali ini.

 

Cerdik Memilih Model Pintu Garasi

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai membangun garasi adalah ukuran garasi yang dibutuhkan. Garasi tidak selalu harus lebih besar dibandingkan kendaraan, hingga beberapa kali lipat, yang terpenting adalah garasi tersebut dapat berfungsi untuk menampung kendaraan, serta dengan pertimbangan yang tepat, garasi tersebut tidak akan mempengaruhi fungsi rumah secara keseluruhan. Tentu saja, apabila Anda berkeinginan untuk memasang model pintu garasi besi keren sesuai dengan pilihan dan preferensi Anda sebagai pemilik rumah, tetap harus mempertimbangkan kesesuaian dengan kebutuhan. Jangan sampai garasi yang dibuat memang cukup untuk menampung kendaraan, tetapi akibat tidak mempertimbangkan akses keluar-masuk ke garasi sehingga pada saat melakukan pemasangan pintu, justru akan mengganggu akses kendaraan.

 

Selain itu, memilih bahan untuk digunakan sebagai pintu garasi pun wajib untuk dilakukan karena tidak hanya mempengaruhi penampilan rumah bergaya minimalis, tetapi juga berkaitan dengan daya tahan dan keawetan dari pintu garasi tersebut. Pada umumnya, terdapat dua jenis bahan yang digunakan yaitu berupa model pintu garasi kayu dan model pintu garasi besi, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dari segi keamanan, pintu garasi yang terbuat dari besi memang lebih direkomendasikan karena cenderung kuat dan awet. Sayangnya, semakin sulit menemukan model pintu garasi besi murah dengan kualitas baik. Hal ini berbeda dengan pintu garasi dari kayu, yang meskipun aman, pada kondisi-kondisi tertentu akan mudah rusak, sehingga kurang direkomendasikan.

 

Pemilihan bahan yang digunakan untuk pintu garasi pun berhubungan dengan perawatan dan maintenance yang harus dilakukan agar daya tahan pintu dapat bertahan lebih lama. Misalnya, untuk model pintu garasi besi harus dicat dengan cat anti karat sehingga penampilan dan kekuatannya pun dapat dipertahankan. Terlebih lagi pada bagian garasi rumah yang terpapar langsung dengan sinar matahari dan hujan, sehingga membutuhkan perawatan lebih. Sementara pada model pintu garasi kayu, harus dilapisi dengan cat anti rayap karena salah satu kelemahannya adalah mudah termakan usia ketika sudah lama digunakan.

 

Selain mempertimbangkan ukuran garasi dan bahan pintu yang akan digunakan, Anda juga harus mempertimbangkan model pintu garasi. Tidak perlu ditanyakan lagi bahwa sebagai pemilih rumah yang perfeksionis, Anda tentu menginginkan model pintu garasi besi keren untuk digunakan sebagai model pintu garasi di rumah, tetapi belum tentu model pintu yang terpilih akan sesuai dengan aksen rumah yang akan dibangun. Nah, berikut ini beberapa model pintu garasi besi yang dapat Anda pilih untuk diterapkan di rumah:

  • Model Pintu Lipat

Ingin mempunyai pintu garasi yang tidak membutuhkan banyak lahan ketika diakses? Well, maka jawabannya akan langsung ditujukan pada model pintu garasi lipat. Prinsipnya, model pintu garasi besi ini akan terbagi menjadi dua bagian, berupa pengunci dan pembuka. Pengunci pintu umumnya berjumlah beberapa kunci, sesuai dengan ukuran pintu garasi, sementara pembuka pintu berada di bagian tengah. Selain hemat tempat, pintu garasi ini pun dinobatkan sebagai model pintu garasi besi keren untuk rumah minimalis.

  • Model Pintu Besi

Nah, model pintu garasi besi akan menjadi pilihan apabila Anda menginginkan model pintu dengan akses mudah tetapi tetap sesuai untuk rumah bergaya minimalis. Berbeda dengan model pintu lepat dengan prinsip pengunci-pembuka, model pintu ini dibuka dengan cara didorong sehingga bagian daun pintu dapat masuk melalui dinding garasi bagian samping. Model pintu ini mungkin tidak termasuk sebagai model pintu garasi besi murah, mengingat harganya yang sedikit mahal. Tetapi untuk manfaat yang diperoleh, tidak mengapa mengeluarkan uang sedikit lebih banyak, bukan?

  • Model Pintu Tarik

Nah, ini merupakan salah satu model pintu garasi besi yang cukup banyak digunakan, baik untuk rumah bergaya minimalis maupun standar. Daya tarik model pintu ini terdapat pada aksen sederhana dan hemat lahan, sehingga banyak dipilih sebagai model pintu garasi. Selain itu, model pintu garasi besi murah sehingga dapat menghemat anggaran.

 

Nah, berikut tadi merupakan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih pintu garasi yang tepat untuk rumah Anda. Selain mempertimbangkan bahan, ukuran, dan model pintu garasi yang disesuaikan dengan gaya rumah, terdapat satu aspek lagi yang perlu Anda pertimbangkan: anggaran dan kualitas. Meskipun beberapa toko menawarkan model pitu garasi besi murah, Anda tetap harus mempertimbangkan kualitasnya sehingga tidak akan kecewa ketika ternyata pintu garasi tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi. Jadi, dengan membaca artikel ini, Anda sudah lebih memahami bahwa memilih pintu garasi yang tepat tidak sekadar cap-cip-cup kembang kuncup, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *